Penerapan Metode Eja Melalui Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDN 126 Inpres Garampa’, Kecamatan Sangalla, Kabupaten Tana Toraja
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v5i1.1176Keywords:
Model Picture And Picture, Kemampuan MembacaAbstract
Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajarkan pembelajaran bahasa Indonesia
dengan meningkatkan kemampuan membaca dengan menggunakan (media gambar) model
Picture And Picture di kelas 1 Sdn 126 Inpres Garampa’, Kecamatan Sangalla, Kabupaten
Tana Toraja dan hasil wawancara dengan guru kelas I atas pengalamannya mengajarkan
bahasa Indonesia, kurang melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran,
kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengimplementasikan pengetahuan yang
dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Picture
And Picture dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas I SDN 126
Inpres Garampa’, Kecamatan Sangalla’, Kabupaten Tana Toraja, dengan jumlah siswa 14
orang siswa yang terdiri dari 5 perempuan dan 9 laki-laki. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan
kelas ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan melalui 4 tahap
yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Jenis pengumpulan data yang
digunakan adalah 1) Tes 2) Observasi 3) Rubrik 4) Wawancara 5) Dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca siswa pada siswa kelas
I SDN 126 Inpres Garampa’ setelah diterapkannya model Picture And Picture dengan
nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai 70,71 dengan ketuntasan 64,28% dan nilai
rata-rata siswa pada siklus II meningkat dengan mencapai 85,00 dengan ketuntasan
92,85%. Berdasarkan hasil evaluasi pada setiap pembelajaran maka kemampuan membaca
siswa kelas I SDN 126 Inpres Garampa’ mengalami peningkatan dengan menggunakan
model Picture and Picture.