Perbedaan Hasil Belajar Matematika Antara Siswa Yang Gaya Belajarnya Visual, Auditorial, dan Kinestetik Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bonggakaradeng

Authors

  • Rubianus Rubianus Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v2i2.113

Keywords:

Perbedaan Hasil Belajar Matematika, Siswa Yang Gaya Belajarnya Visual, Auditorial, dan Kinestetik

Abstract

Gaya belajar adalah kombinasi dari bagaimana kita menyerap informasi dengan mudah (modalitas) kemudian mengolah dan mengatur informasi  tersebut (dominasi otak). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana hasil belajar dari siswa yang gaya belajarnya visual, auditorial dan kinestetik.Variabel dalam penelitian ini adalah gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 41 orang dan dijadikan sekaligus sebagai sampel. Data yang digunakan  dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif. Data kuantitatif adalah  data yang berbentuk bilangan yang diperoleh dari hasil angket yang terdiri dari 21 pertanyaan dan hasil belajar matematika yang diperoleh setelah mengerjakan soal uraian sebanyak 7 nomor.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji one way anova (analisis varian satu jalur). Hasil penelitian diperoleh 24 atau 58,53% siswa yang gaya belajarnya visual dengan nilai maksimum 86, nilai minmum 47 dan nilai rata-rata 63,5. Jumlah siswa yang gaya belajarnya auditorial ada10 orang atau 24,39 % dengan nilai maksimum 81, nilai minimum 50 dan nilai rata-rata 64,8. Jumlah siswa yang gaya belajarnya kinestetik ada 7 orang atau 17,07 % dengan nilai maksimum 69, nilai minimum 47 dan nilai rata-rata 58,57. Berdasarkan hasil analisis melalui bantuan SPSS 17.0 diperoleh nilai Fhitung 1,018 lebih kecil dari nilai Ftabel 3,25 pada taraf signifikan 0,05. Jadi tidak ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang gaya belajarnya visual, auditorial dan kinestetik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bonggakaradeng.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Perbedaan Hasil Belajar Matematika Antara Siswa Yang Gaya Belajarnya Visual, Auditorial, dan Kinestetik Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bonggakaradeng”, Jurnal KIP, vol. 2, no. 2, pp. 149–156, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v2i2.113.

Similar Articles

101-110 of 191

You may also start an advanced similarity search for this article.