STUDI KENERJA DAN TINGKAT PELAYANAN ANGKUTAN UMUM KOTA MAKALE
DOI:
https://doi.org/10.47178/dynamicsaint.v4i1.687Keywords:
Angkutan Umum, Kinerja, Kota Makale, PemetaanAbstract
Angkutan kota merupakan sebuah transportasi umum yang digunakan guna mendukung segala aktifitas kompleks masyarakat yang ada disekitarnya. Oleh karena itu harus memberi kinerja yang baik dan sesuai dengan standar serta bagaimana presepsi dari pengguna angkutan.
Metodologi dalam penelitian ini adalah mengadakan pengamatan langsung dilapangan terhadap kinerja angkutan umum dari segi indikator kerapatan, kecepatan, frekuensi headway, faktor muatan penumpang, dan utilitas. Survey terhadap tingkat kepuasan penumpang dengan penyebaran quisioner untuk mengetahui presepsi pengguna angkutan umum dengan metode perhitungan IPA dan CSI. Penggunaan QGIS untuk mengetahui pemetaan jalur yang dilalui oleh angkutan.
Bedasarkan hasil analisa data beberapa kinerja pelayanan angkutan kota tidak memenuhi standard dari World bank dan Direktorat Jendral Perhubungan Darat seperti parameter Faktor muatan hanya sebesar 39,42% kondisi ini masih dibawah standard yang dikeluarkan oleh world Bank yaitu ?70%. menurut responden penumpang Angkutan atribut yang masuk ke dalam kuadran I (Prioritas utama) yaitu perbandingan kesetaraan kualitas pelayanan dengan tarif (12), dan kelengkapan identitas kendaraan perhitungan CSI didapat hasil berupa penilaian rata-rata kepuasan penumpang terhadap 13 indikator pelayanan Angkutan Kota, diperoleh persentasi sebanyak 69 % masuk kriteria puas, cukup puas 23 % cukup puas, dan kurang puas 8 %. Adapun dari hasil pemetaan jalur angkutan kota terlihat masih kurang optimal dalam hal pelayanan dikarenakan daerah yang terjangkau oleh angkutan kota hanya sebagian kecil saja.