STUDI KINERJA SIMPANG TIGA JALAN LIMBONG JALAN SULOARA DI RANTEPAO TORAJA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.47178/dynamicsaint.v8i1.2137Keywords:
Derajat Kejenuhan, Kapasitas Jalan, Simpang TigaAbstract
Pembangunan yang semakin meningkat berdampak pada meningkatnya pergerakan manusia dan barang. Pertumbuhan jumlah kendaraan setiap tahunnya meningkat dan tidak diimbangi dengan pembangunan prasarana akan menimbulkan konflik pada jalan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kinerja simpang tiga tak bersinyal pada Jalan Suloara – Jalan Limbong Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. Penenlitian dilaksanakan dengan mengumpulkan data arus lalu lintas di simpang selama seminggu. Data kemudian diolah untuk mengetahu kapasitas jalan dan derajat kejenuhan berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Diperoleh bahwa simpang tiga Jl. Suloara – Jl. Limbong merupakan tipe 322 dengan kapasitas dasar (Co) 2.700 SKR/jam, kapasitas simpang saat kondisi lalu lintas tersibuk sebesar 1.438 SKR/Jam terjadi pada hari Selasa pukul 12.00 – 13.00 Wita dengan nilai derajat kejenuhan saat itu sebesar 0,96. Nilai tersebut cukup tinggi melebihi saran PKJI maksimum sebesar 0,85
References
Hariyanto, A. Suraji, and M. Cakrawala, “Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal Jl. Muharto - Jl. Mayjen Sungkono – Jl. Raya Ki Ageng Gribig Kota Malang,” Siklus J. Tek. Sipil, vol. 8, no. 1, pp. 70–85, 2022, doi: 10.31849/siklus.v8i1.9339.
L. Sriharyani and M. N. Hidayat, “Analisa Arus Kendaraan Terhadap Kinerja Simpang Tak Bersinyal Dengan Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 (Studi Kasus Simpang Tiga Pasar Punggur Lampung Tengah),” Tapak, vol. 6, no. 2, pp. 134–139, 2017.
Pratama, M. P., & Rini, S. Ervianti.(2022). ANALYSIS OF ENGLISH TEACHER’S LANGUAGE STYLE IN. Indonesian Journal of Educational Technology, 1(02), 138-144.
Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.
Sampelolo, R., Abdullah, M., & Lura, H. (2023). Digital ESP ( English For Specific Purposes ) Material Development CLIL ( Content language integrating learning ) Based. 34, 6746–6762.
Sampelolo, R., Tandikombong, M., Pongsapan, N. P., & Lura, H. (2021). A Study of Speaking Common University Learner Barriers In Indonesian Context. KLASIKAL: Journal of Education, Language Teaching and Science, 3(3), 127–131. https://doi.org/10.52208/klasikal.v3i3.131
M. K. Nasrullah and K. H. Putra, “Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal Pada Jalan Raya Menganti-Jalan Mastrip Kota Surabaya,” Semin. Teknol. Perencanaan, Perancangan, Lingkungan, dan Infrastruktur II FTSP ITATS - Surabaya, pp. 70–77, 2021.
PKJI, Kapasitas Simpang. 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abdias Tandy Arrang, Waldus Tangkedatu, Escher Kalapadang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.