STUDI KINERJA SIMPANG TIGA JALAN LIMBONG JALAN SULOARA DI RANTEPAO TORAJA UTARA

Authors

  • Abdias Tandy Arrang Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Waldus Tangkedatu Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Escher Kalapadang Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/dynamicsaint.v8i1.2137

Keywords:

Derajat Kejenuhan, Kapasitas Jalan, Simpang Tiga

Abstract

Pembangunan yang semakin meningkat berdampak pada meningkatnya pergerakan manusia dan barang. Pertumbuhan jumlah kendaraan setiap tahunnya meningkat dan tidak diimbangi dengan pembangunan prasarana akan menimbulkan konflik pada jalan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kinerja simpang tiga tak bersinyal pada Jalan  Suloara – Jalan  Limbong  Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. Penenlitian dilaksanakan dengan mengumpulkan data arus lalu lintas di simpang selama seminggu. Data kemudian diolah untuk mengetahu kapasitas jalan dan derajat kejenuhan berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Diperoleh bahwa simpang tiga Jl. Suloara – Jl. Limbong merupakan tipe 322 dengan kapasitas dasar (Co) 2.700 SKR/jam, kapasitas simpang saat kondisi lalu lintas tersibuk sebesar 1.438 SKR/Jam terjadi pada hari Selasa pukul 12.00 – 13.00 Wita dengan nilai derajat kejenuhan saat itu sebesar 0,96. Nilai tersebut cukup tinggi melebihi saran PKJI maksimum sebesar 0,85

References

Hariyanto, A. Suraji, and M. Cakrawala, “Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal Jl. Muharto - Jl. Mayjen Sungkono – Jl. Raya Ki Ageng Gribig Kota Malang,” Siklus J. Tek. Sipil, vol. 8, no. 1, pp. 70–85, 2022, doi: 10.31849/siklus.v8i1.9339.

L. Sriharyani and M. N. Hidayat, “Analisa Arus Kendaraan Terhadap Kinerja Simpang Tak Bersinyal Dengan Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 (Studi Kasus Simpang Tiga Pasar Punggur Lampung Tengah),” Tapak, vol. 6, no. 2, pp. 134–139, 2017.

Pratama, M. P., & Rini, S. Ervianti.(2022). ANALYSIS OF ENGLISH TEACHER’S LANGUAGE STYLE IN. Indonesian Journal of Educational Technology, 1(02), 138-144.

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

Sampelolo, R., Abdullah, M., & Lura, H. (2023). Digital ESP ( English For Specific Purposes ) Material Development CLIL ( Content language integrating learning ) Based. 34, 6746–6762.

Sampelolo, R., Tandikombong, M., Pongsapan, N. P., & Lura, H. (2021). A Study of Speaking Common University Learner Barriers In Indonesian Context. KLASIKAL: Journal of Education, Language Teaching and Science, 3(3), 127–131. https://doi.org/10.52208/klasikal.v3i3.131

M. K. Nasrullah and K. H. Putra, “Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal Pada Jalan Raya Menganti-Jalan Mastrip Kota Surabaya,” Semin. Teknol. Perencanaan, Perancangan, Lingkungan, dan Infrastruktur II FTSP ITATS - Surabaya, pp. 70–77, 2021.

PKJI, Kapasitas Simpang. 2014.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

[1]
“STUDI KINERJA SIMPANG TIGA JALAN LIMBONG JALAN SULOARA DI RANTEPAO TORAJA UTARA”, dynamicsaint, vol. 8, no. 1, pp. 40–46, Sep. 2023, doi: 10.47178/dynamicsaint.v8i1.2137.

Similar Articles

11-20 of 44

You may also start an advanced similarity search for this article.