TINJAUAN PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DAN KAKU DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN (MDP) 2017
Keywords:
DCP, Daya dukung tanah, PondasiAbstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode MDP 2017 dengan melakukan penelitian lapangan menggunakan alat DCP untuk mengetahui daya dukung tanah (CBR), data survey lalu lintas, dan data geometri jalan.Hasil perhitungan nilai ESA5 sebesar 0,3E+06 didapatkan tebal lapis perkerasan HRS WC 5 cm, lapis pondasi bawah kelas A 15 cm, lapis pondasi bawah kelas B atau kerikil alami 15 cm. untuk alternatif AC WC 4cm, AC BC 6 cm, LFA Kelas A 40 cm. untuk nilai kelompok sumbu sebesar 0,59E+06 didapatkan tebal lapis perkerasan, tebal pelat beton 26,5 cm, lapis pondasi bawah LMC 10 cm, dan lapis drainase 15 cm.
References
Departemen Pekerjaan Umum 2004 Pedoman Survei Pencacahan Lalu Lintas dengan cara Manual (Pd. T-19-2004-B) (Jakarta)
Departemen Pekerjaan Umum 2002 Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur (Pt-T-01 2002-B) (Jakarta)
Departemen Pekerjaan Umum 2003 Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd T-14-2003) (Jakarta)
Depatemen Pekerjaan Umum 2005 Perencanaan Tebal Lapis Tambah Perkerasan Lentur dengan Metode Lendutan (Pd-T-05-2005-B) (Jakarta)
IR.Hamirhan Saodang MSCE Buku 2 Perancangan Perancangan Perkerasan Jalan Raya. Nova. (Bandung)
Kementerian Pekerjaan Umum 2010 “Pemberlakuan Pedoman Cara Uji California Bearing Ratio (CBR) dengan Dyinamic Cone Penetrometer(DCP),”Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum No.04/SE/M/2010
Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga 2010 Spesifikasi Umum Revisi 3. (Jakarta)
Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga 2013
Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2013 kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat direktorat jenderal bina marga. Jakarta 2013.
Manual Perkerasan Jalan (revisi juni 2017) Nomor 04/SE/Db/2017 kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat direktorat jenderal bina marga, (Jakarta)
Romauli, Theresia Dwiriani 2016 Analisis Perhitungan Tebal Lapis Tambahan (Overlay) pada Pekerasan Lentur dengan Menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan 2013 (Studi Kasus : Ruas Jalan Kairagi – Mapanget). Manado
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ST Azril, TB Rilva, Abdias Tandy Arrang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.