TINJAUAN GEOMETRIK DAN PERKERASAN JALAN RUAS SEREALE KECAMATAN TIKALA KABUPATEN TORAJA UTARA

Authors

  • TB Rilva Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • ST Azril Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • P. Yulius Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Reni O Tarru Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Harni Tarru Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/dynamicsaint.v8i1.2138

Keywords:

Rmin, Tikungan, Manual Desain Perkerasan

Abstract

Pembangunan jalan Sereale (Tikala) di Kabupaten Toraja Utara, saat ini masih banyak kelandaian/kelengkungan, jarak pandang yang tidak sesuai dengan standar geometrik jalan dan dapat menyebabkan kecelakaan, sehingga perencanaan bentuk fisiknya perlu diperbaiki agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman. Dari hasil analisis keamanan untuk Rmin, Rmin lebih dari nilai radius tikungan dari 27 tikungan untuk kecepatan 30-50km/jam terdapat 19 tikungan yang tidak memenuhi, sehingga pada tikungan ke-19 tersebut mengurangi kecepatan menjadi 20km/jam dan masih terdapat 7 tikungan yang tidak memenuhi Rmin. lebih kecil dari jari-jari tikungan sehingga 7 tikungan tersebut memiliki elevasi 10% menurut AASTO dan Bina Marga dalam Hendarsin (2000), setelah elevasi dinaikkan pada 7 tikungan tersebut masih terdapat 3 tikungan yang tidak memenuhi standar sehingga disarankan untuk menaikan elevasi menjadi 12% setelah elevasi 3 tikungan tersebut dirubah menjadi 12% terdapat 3 dan masih terdapat 3 tikungan yang tidak memenuhi Rmin lebih kecil dari jari-jari tikungan dan disarankan untuk melakukan desain ulang. Tebal perkerasan mampu menahan tonase kendaraan dengan menggunakan metode Manual Desain Perkerasan (MDP) 2017.

References

Desain Perkerasan Jalan Fleksibel 2010 No.001/BT/2010 (Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga)

Bina Marga 2013 Road Pavement Design Manual No. 02/M/BM/2013 (Jakarta: Departemen Perkerasan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga)

Badan Standardisasi Nasional Perkerasan Jalan Geometris (Jakarta: Badan Penerbit Direktorat Jenderal Bina Marga)

Direktorat Jenderal Bina Marga 1992 Tata Cara Perencanaan Jalan Antar Kota. Departemen Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta. Buku Panduan Teknik Lalu Lintas, 1992 dan PGJLK, Jalan Raya 1990 (Draf Akhir)

Kementerian Pekerjaan Umum 2010 "Penegakan Pedoman Pengujian California Bearing Ratio (CBR) dengan Dynamic Cone Penetrometer (DCP)," Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum No.04/SE/M/2010.

Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga 2013 Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2013 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga (Jakarta)

Manual Perkerasan Jalan (revisi Penambahan Ketebalan Lapisan (Overlay) pada Perkerasan Fleksibel pada Juni 2017) Nomor 04/SE/DB/2017(Jakarta 2017: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga)

Romauli, Theresia Dwiriani. 2016. Analisis Perhitungan Menggunakan Manual Desain Perkerasan 2013 (Studi Kasus: Ruas Jalan Kairagi – Mapanget). Manado. (Sumber Prosedur perencanaan geometrik jalan antar kota, Departemen Pekerjaan Umum. Direktorat Jenderal Bina Marga 1997)

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

[1]
“TINJAUAN GEOMETRIK DAN PERKERASAN JALAN RUAS SEREALE KECAMATAN TIKALA KABUPATEN TORAJA UTARA”, dynamicsaint, vol. 8, no. 1, pp. 47–57, Sep. 2023, doi: 10.47178/dynamicsaint.v8i1.2138.

Similar Articles

11-20 of 20

You may also start an advanced similarity search for this article.