PENGEMBANGAN APLIKASI KOMPUTER METODE PACK CARBURIZING UNTUK LABORATORIUM UJI PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA

Authors

  • Andrea Stevens Karnyoto Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/dynamicsaint.v4i1.477

Keywords:

Pack Carburizing, Aplikasi Komputer, Pengujian Baja

Abstract

Laboratorium uji pada program studi Teknik Mesin Universitas Kristen Indonesia Toraja memiliki beberapa peralatan yang digunakan untuk keperluan penelitian mahasiswa walaupun masih ada peralatan uji yang disewa dari pihak lain, peralatan-peralatan tersebut menghasilkan data-data yang akan diolah menjadi suatu informasi yang akan mendasari sebuah pengambilan keputusan. Sebuah aplikasi komputer untuk memberikan kemudahan dan akurasi dalam pengolahan data dari mesin-mesin uji tersebut sangat dibutuhkan, hal ini ditandai dengan banyaknya mahasiswa yang melakukan penelitian terutama dibidang pengujian baja dan bahan lainnya. Metode Pack Carburizing adalah metode yang paling banyak digunakan untuk melakukan analisis komponen selain bebarapa metode yang lainnya. Aplikasi komputer Pack Carburizing melakukan proses perhitungan hingga mengeluarkan hasil berupa informasi, baik itu angka hingga grafik. Pembuatan aplikasi dilakukan menggunakan bahasa pemrograman Delphi  dan dilakukan pengujian langsung menggunakan baja karbon ST-37, setelah itu akan dibandingkan dengan hasil yang menggunakan perhitungan manual sebagai bahan perbaikan aplikasi sehingga aplikasi yang dibuat menjadi sempurna. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi Laboratorium uji program studi Teknik Mesin Universitas Kristen Indonesia Toraja untuk memiliki perangkat lunak yang dapat membantu mahasiswa dan dosen dalam melakukan penelitian baja terutama yang menggunakan metode Pack Carburizing.

Published

2018-12-15

How to Cite

[1]
“PENGEMBANGAN APLIKASI KOMPUTER METODE PACK CARBURIZING UNTUK LABORATORIUM UJI PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA”, dynamicsaint, vol. 4, no. 1, Dec. 2018, doi: 10.47178/dynamicsaint.v4i1.477.

Similar Articles

1-10 of 73

You may also start an advanced similarity search for this article.