PKM UNTUK PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI PANORAMA VIEW 360° BERBASIS WEB DAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI SARANA PROMOSI PARIWISATA BAGI PEBISNIS PARIWISATA DI TORAJA

Authors

  • Andrea Stevens Karnyoto Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/dynamicsaint.v4i1.478

Keywords:

Pemandangan Panorama, Website Interaktif, Wisatawan

Abstract

Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara memiliki puluhan tempat wisata, menurut data dari dinas pariwisata kedua kabupaten tersebut terdapat 42 tempat wisata yang telah terdaftar. Beberapa website sudah memuat ulasan tentang beberapa tempat wisata tetapi belum ada yang menampilkan pemandangan  panorama , pemandangan panorama memberikan kesan menarik pada suatu tempat karena pengunjung dapat melihat dari satu titik kesekeliling tanpa batas. Teknologi ini dapat diakses baik menggunakan komputer maupun mobile. Dalam website tersebut juga akan ditampilkan posisi GPS (Global Position System) masing-masing tempat wisata. Oleh karena banyaknya tempat wisata di Toraja dan adanya teknologi panorama  maka pengabdi melihat kesempatan untuk bekerja sama dengan mitra dalam hal promosi usaha pemandu wisata dan usaha perjalanan yang dimiliki oleh dua mitra. Promosi muktahir ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan mitra. Pengabdi memberikan media promosi berupa website kepada mitra, memberikan kamera yang mampu melakukan pengambilan gambar secara panorama, memberikan pendampingan berupa pelatihan pengelolaan website, pelatihan pemanfaatan sosial media sebagai sarana promosi serta cara menggunakan komunikasi interaktif dengan pengunjung website atau wisatawan. Keuntungan tidak hanya diperoleh mitra karena mendapatkan media promosi dan pelatihan peningkatan SDM, tetapi juga keuntungan untuk para pengujung website karena dapat melihat tempat wisata di Toraja secara panorama dan menyeluruh.

Published

2018-12-15

How to Cite

[1]
“PKM UNTUK PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI PANORAMA VIEW 360° BERBASIS WEB DAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI SARANA PROMOSI PARIWISATA BAGI PEBISNIS PARIWISATA DI TORAJA”, dynamicsaint, vol. 4, no. 1, Dec. 2018, doi: 10.47178/dynamicsaint.v4i1.478.