ANALISIS KELELAHAN DAN KEKERASAN BAJA AISI 1025 METODE PACK CARBURIZING CAMPURAN ARANG CEMARA DAN BARIUM KARBONAT

Authors

  • Frans R. Bethony Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Formanto Paliling Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Risa Lasarus Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Baja AISI 1025, Pack Carburizing, Quenching, Kelelahan, Kekerasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelelahan, kekerasan dan struktur mikro baja AISI 1025 dengan metode pack carburizing campuan arang cemara dan barium karbonat.

Material yang digunakan dalam penelitian ini adalah baja AISI 1025, arang cemara dan barium karbonat. Sampel uji kelelahan dan kekerasan mikro baja AISI 1025 masing-masing dibuat sesuai dengan standar ASTM E-466 dan ASTM E 92. Sampel uji dikenai proses pack carburizing dengan campuran antara 75% serbuk arang cemara dan 25% barium karbonat (BaCO3). Proses carburizing dilakukan pada variasi temperatur pemanasan 835, 870 dan 905oC dengan waktu penahanan selama 4 jam. Selanjutnya, sampel uji dilakukan proses quenching pada temperatur 850oC dengan waktu penahanan selama 20 menit. Pengujian kelelahan dilakukan dengan mesin uji rotary bending machine, sedangkan pengujian kekerasannya dilakukan dengan micro hardness tester.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi temperatur proses pack carburizing semakin tinggi pula kelelahan (fatigue), yaitu 5.910.200 siklus. Kekerasan tertinggi terjadi pada bagian permukaan sampel uji, yaitu 809,03 HV. Kekerasan mikro dan kelelahan dengan kedalaman difusi karbon kedalam permukaan sampel uji terjadi korelasi yang linearitas.

References

Abbaschian, R. and Robert, E. 1994. Physical Metalurgy Principles. PWS Publishing Company, University of Florida, Boston, , Third Edition.

Amstead, B.H. et al. 1992. Teknologi Mekanik (Alih bahasa : Sriati Djaprie), Jakarta : Erlangga, Edisi Ketiga, Jilid 2.

Afriany, R. dkk. 2017. Aalisa Pengaruh Variasi Katalis BaCO3, NaCO3 dan CaCO3 Pada Proses Karburasi Baja Karbon Sedang Dengan Pendinginan Tunggal. TEKNIKA: Jurnal Teknik, 4(1), 38.

Bertone, T.J. and Nelly, J.E. 2000. Practical Metalurgy and Materials of Industry. Prentice – Hill, Inc., New York, Fifth Edition.

Bahtiar. dkk. 2017. Analisis Kekerasan dan Struktur Mikro Pada Baja Komersil yang Mendapatkan Proses Pack Carburizing dengan Arang Cangkang Kelapa Sawit. Mekanikal, 8(1), 686–696.

Collins, J. A. 1992. Failure of Materials in Mechanical Design. A. Wiley Interscience Publication, New York. [7]. Fuchs, H.O. 1980. Metal Fatigue in Engineering. A. Wiley Interscience Publication, New York.

Schaffer, J.P. et al. 1999. The Science and Design of Engineering Materials, The McGraw - Hill Companies, Inc., New York, Second Edition.

Shackelford, J.F. 1992. Introduction to Materials Science for Engineers, Macmillan Publishing Company, New York, Third Edition.

Selcuk, B., Ipek, R. and Karamis, M.B. 2003. A Study on Friction and Wear Behavior of Carburized, Carbonitrded and Borided AISI 1025 AND 5115 Steels, Materials Processing Technology, 141 189-196.

Smallman, R.E. dan Bishop, R.J. 1999. Metalurgi Fisik Modern dan Rekayasa Material (Alih bahasa : Sriati Djaprie), Erlangga, Jakarta, Edisi Keenam.

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

Pratama, M. P., & Rini, S. Ervianti.(2022). ANALYSIS OF ENGLISH TEACHER’S LANGUAGE STYLE IN. Indonesian Journal of Educational Technology, 1(02), 138-144.

Surdia, T. dan Shinroku. 1985. Pengetahuan Bahan Teknik. PT. Dainippon Gitakarya Printing, Jakarta,.: Cetakan Pertama.

Sakura, dkk. 2017. “Pengaruh Variasi Karbon Aktif dan Waktu Tahan Terhadap Kekerasan Material JIS G- 3123 Menggunakan Metode Pack Carburizing”. Rekayasa Energi Manufaktur (R.E.M) Jurnal. Vol.2, No.1. Institut Teknologi Adhi Tama. Surabaya.

Suryanto, H. dkk. 2003. Pengaruh Penambahan Barium Karbonat pada Media Karburasi Terhadap Karakteristik Kekerasan Lapisan Karburasi Baja Karbon Rendah, Proceeding Seminar Nasional Teknik Mesin Unibraw, Madang,.

Sudarsono. 2003. Pengaruh Temperatur dan Waktu Tahan Karburasi Padat Terhadap Kekerasan Permukaan Baja AISI – SAE 1522, Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi, Institut Sains & Teknologi AKPRIND.

Trethewey, K.R. and Chamberlain, J. 1991. Korosi untuk Mahasiswa Sains dan Rekayasa (Alih bahasa : Alex Tri Kantjono Widodo), PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, Edisi Kedua.

Vlack, L.H.V. 1986. Ilmu dan Teknologi Bahan (Alih bahasa : Sriati Djaprie), Erlangga, Jakarta, Edisi Keempat.

Yasa, I. N. 2000. Efek Proses Pack Carburizing Terhadap Kelelahan Baja ST 60. Tugas Sarjana, Program Studi Teknik Mesin, Universitas Udayana, Bali.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

[1]
“ANALISIS KELELAHAN DAN KEKERASAN BAJA AISI 1025 METODE PACK CARBURIZING CAMPURAN ARANG CEMARA DAN BARIUM KARBONAT”, dynamicsaint, vol. 8, no. 1, pp. 113–116, Sep. 2023, Accessed: Dec. 03, 2024. [Online]. Available: https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/dynamicsaint/article/view/2196

Similar Articles

1-10 of 17

You may also start an advanced similarity search for this article.