PERENCANAAN GELAGAR JEMBATAN SUNGAI MINANGA DENGAN BETON PRATEGANG
DOI:
https://doi.org/10.47178/dynamicsaint.v8i1.2136Keywords:
Jembatan, Beton Prategang, betonAbstract
Pembangunan jembatan Sungai Minanga ditujukan untuk menghubungkan jalan poros Sa’dan Minanga yang di belah oleh alur sungai Saddang. Kehadiran jembatan ini sangat dibutuhkan guna memperlancar kegiatan masyarakat sehari-hari. Oleh karena itu, jembatan yang dibangun harus memenuhi syarat kekakuan, lendutan, dan ketahanan terhadap beban yang bekerja. Beragam material menjadi pertimbangan dalam pembuatan jembatan Maka di ambil langka alternatif dengan menggunakan struktur beton prategang, beton prategang menjadi solusi yang dipilih dikarenakan karakteristiknya kuat terhadap pergeseran dan mengurangi potensi keretakan dengan dimensi yang lebih kecil, serta tahan terhadap karat. Setelah dilakukan analisia dan perhitungan, maka hasil perencanaan jembatan Minanga yaitu, direncanakan dengan gelagar prategang dengan jumlah gelagar 3 buah dengan 2 meter dan panjang jembatan 30 m, konstruksi antara balok gelagar dengan plat lantai jembatan merupakan komposit yang diikat dengan shear connector. dimensi gelagar dengan ukuran lebar bawah 65cm, lebar atas 55cm, dengan tinggi 160cm, menggunakan 4 buah tendon dengan jarak 172,3 mm disetiap gelar dan menggunakan tulangan utama Ø 22 mm dan tulangan geser Ø 8 mm. Gelagar pratengang menguntungkan untuk digunakan pada konstruksi jembatan sungai Minanga baik dari segi biaya maupun dari segi pelaksanaannya.
References
Bowo Leksono. (2012) .Studi Perencanaan Jembatan Beton Pratekan.
Muhammad Nasri, Juli Arditia Pribadi, Zulkarnain. Politeknik Negri Bengkalis. (2018) . Perencanaan Jembatan Beton Prategang Dengan Menggunakan PciGirder .(Studi Khasus : Sungai Penebak Batu Panjang Kec. Rupat).
Meutuwa, Ridhana, Syukri, Herri Mahyar. (Perencanaan Gelagar Prategang Pada Jembatan Krueng Tingkeum Kabupaten Bireuen).
Rohay, Abdurahman, Eka Purnamasari. Analisa Pembebanan Struktur Atas Jembatan Beton Prategang Pada Jembatan Sulawesi II Banjarmasin Menggunakan SNI1725:2016.
Reni Suryanita, Zulfikar Djauhari Dan Andi Wijaya. (2017). Respon Struktur Jembatan Beton Prategang Berdasarkan Spektrum Gempa Wilayah Sumatera.
Samsuardi Batubara, Larno Simatupang. (2018). Perencaan Jembatan Prategang Dengan Bentang 24 Meter Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI).
Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.
Yogi Alexander. (2019). Perncanaan Jembatan Beton Prategang Way Pengubuan Lampung Tengah (Ruas Gunung Sugih-Terbanggi Subing).
SNI 1725:2016. Pembebanan Untuk JembatanAbrar Housen, Manajemen Proyek,Edisi 1, Yogyakarta, 2009.
Pratama, M. P., & Rini, S. Ervianti.(2022). ANALYSIS OF ENGLISH TEACHER’S LANGUAGE STYLE IN. Indonesian Journal of Educational Technology, 1(02), 138-144.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sandi Sampe Rante, Rudy Parrangan, Parea R. Rangan, Bastian A. Ampanngallo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.