Efektifitas Pendekatan Kontekstual Budaya Lokal Terhadap Pencapaian Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP

Penulis

  • Selvy Rajuaty Tandiseru Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v3i3.98

Kata Kunci:

Kontekstual budaya lokal, representasi matematis

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan representasi matematis siswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan kontekstual budaya lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pendekatan kontekstual budaya lokal terhadap pencapaian kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP di Kecamatan Tikala dan dengan jumlah sampel 77 siswa dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling. Data di analisis dengan menggunakan uji-t dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual budaya lokal lebih baik dari siswa yang mendapat pendekatan kontekstual budaya lokal efektif terhadap pencapaian kemampuan representasi matematis siswa.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2017-12-10

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Efektifitas Pendekatan Kontekstual Budaya Lokal Terhadap Pencapaian Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP”, Jurnal KIP, vol. 3, no. 3, pp. 675–683, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v3i3.98.

Artikel Serupa

1-10 dari 17

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.