Pengaruh Kebiasaan Menulis Buku Harian Terhadap Kecerdasan Linguistik Pada Siswa Kelas V SDN 101 Makale 4
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v8i1.695Kata Kunci:
kebiasaan, menulis, buku harian, kecerdasan linguistikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan menulis buku harian terhadap kecerdasan linguistik pada siswa kelas V SDN 101 Makale 4. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 101 Makale 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang dimulai dengan uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persamaan regresi sederhana, yaitu Y = 55,706 + 0,093X, artinya kebiasaan menulis buku harian berpengaruh positif terhadap kecerdasan linguistik apabila semua unsur mendukung. Hal ini terbukti dari hasil koefisien arah regresi kebisaan menulis buku harian adalah sebesar 0,093 atau positif. Dan dengan uji keberartian koefisien arah regresi sederhana, dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Thitung ? Ttabel, yaitu 0,474 ? 2,048. Hal ini berarti kebiasaan menulis buku harian tidak berpengaruh terhadap kecerdasan linguistik siswa. Data dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,008 yang menunjukkan kebiasaan menulis buku harian berpengaruh positif terhadap kecerdasan linguistik sebesar 0,8%, sedangkan 99,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.