Keahlian Komunikasi Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 2 Saluputti Dalam Proses Belajar Mengajar

Penulis

  • Aris Kaban Sendana Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##
  • Nehru P. Pongsapan Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v7i3.485

Kata Kunci:

keahlian komunikasi, proses belajar mengajar

Abstrak

Dalam proses belajar dan mengajar di tingkat SMP, beberapa guru sering kali mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi dan dalam berinteraksi dengan siswa. Hal ini dapat terjadi karena guru tersebut kurang memahami dan mendalami keahlian komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana keahlian komunikasi guru dan apa unsur–unsur yang terdapat dalam keahlian komunikasi guru bahasa Inggris di SMPN 2 Saluputti dalam proses belajar mengajar. Data penelitiian ini dieproleh dengan melakukan pengamatan langsung dalam kelas dan melakukan wawancara terhadap guru bahasa Inggris. Hasil pengamatan dan wawancara terhadap kedua guru bahasa inggris di SMP Negeri 2 Saluputti di atas, ditemukan beberapa unsur keahlian komunikasi guru dalam proses belajar mengajar yang mereka lakukan, namun, keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan dari keahlian komunikasi yang dimiliki masing-masing. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam keahlian komunikasi guru yang ditemukan adalah keahlian mendengar, mengatasi hambatan komunikasi verbal, memahami komunikasi nonverbal dari murid, memecahkan konflik secara konstruktif, asertif dan meningkat keahlian komunikasi siswa.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2019-01-10

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Keahlian Komunikasi Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 2 Saluputti Dalam Proses Belajar Mengajar”, Jurnal KIP, vol. 7, no. 3, pp. 25–30, Jan. 2019, doi: 10.47178/jkip.v7i3.485.

Artikel Serupa

41-50 dari 116

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama