Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Kristen Indonesia Toraja
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v7i1.434Kata Kunci:
keterampilan dasar mengajarAbstrak
Sebagai calon guru, mahasiswa harus mampu menguasai keterampilan-keterampilan dasar mengajar. Menurut Turney dalam Majid (2016), mengemukakan delapan keterampilan dasar mengajar, yaitu : 1) Keterampilan bertanya, 2) keterampilan memberi penguatan, 3) keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, 4) keterampilan menjelaskan, 5) keterampilan membuka dan menutup pelajaran, 6) keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, 7) keterampilan mengelola kelas, dan 8) keterampilan mengadakan variasi.
Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menggunakan observasi partisipatif pasif. Analisis selama di lapangan menggunakan model Miles and Huberman. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Kristen Indonesia Toraja, dari ke delapan indikator keterampilan dasar mengajar yang diobservasi menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa sudah terampil dalam hal memberikan penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membimbing diskusi kelompok kecil, mengelola kelas, dan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Dalam hal keterampilan bertanya sebagian besar mahasiswa sudah cukup terampil dan dalam hal membuka dan menutup pelajaran mahasiswa sudah sangat terampil.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Mahasiswa cukup terampil dalam hal Keterampilan Bertanya dan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan, serta Mahasiswa sudah terampil dalam hal Memberi Penguatan, Mengadakan Variasi, Menjelaskan, Membuka dan Menutup Pelajaran, Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, dan Mengelola Kelas.