Analisis Manajemen Perpustakaan sebagai Sumber Belajar

Penulis

  • Eky Setiawan Salo Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v10i1.1278

Kata Kunci:

Manajemen perpustakaan, sumber belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan kendala yang dihadapi dalam manajemen perpustakaan di SD Negeri 129 Lea Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif. Informan penelitian ini adalah pustakawan, kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen perpustakaan SDN 129 Lea sebagai sumber belajar  belum berjalan secara optimal. Dari segi perencanaan perpustakaan sudah sangat baik, namun beberapa aspek manajemen perpustakaan masih memiliki banyak kekurangan, dalam aspek implementasi prinsip-prinsip organisasi, petugas perpustakaan masih kurang kompak dan selalu lalai dalam bekerja, yang mengakibatkan pelayanan di perpustakaan kurang lancar. Dalam pengawasan perpustakaan, kepala perpustakaan belum memiliki pedoman tertentu yang dijadikan landasan dalam melakukan pengawasan dan kurang memperhatikan laporan tertulis dan laporan bulanan, pada kepemimpinan perpustakaan, kepala perpustakaan sudah memiliki beberapa sifat kepemimpinan namun kurang maksimal dalam mengarahkan potensi yang dimiliki dan melakukan hubungan kerja dengan pihak-pihak lain. Hambatan dalam implementasi manajemen perpustakaan sebagai sumber belajar adalah terbatasnya dana yang diberikan oleh pemerintah sehingga perpustakaan sekolah sulit untuk berkembang, pengelola perpustakaan yang bukan dari kalangan ilmu perpustakaan mendapat beban kerja yang tidak sesuai dengan keahlian masing-masing staf, dalam kurikulum sekolah, belum ada jam khusus bagi siswa untuk menggunakan perpustakaan, sehingga siswa jarang berlama-lama di perpustakaan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2021-07-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Analisis Manajemen Perpustakaan sebagai Sumber Belajar”, Jurnal KIP, vol. 10, no. 1, pp. 63–71, Jul. 2021, doi: 10.47178/jkip.v10i1.1278.

Artikel Serupa

51-60 dari 114

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.