Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa VIII SMP Katolik Makale

Authors

  • Rubianus Rubianus Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v5i2.983

Keywords:

STAD, hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Katolik Makale. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitin ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Katolik Makale.  Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas yaitu VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini teknik pengambilan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dalam bentuk uraian. Pengolahan data hasil penelitian menggukan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengolahan data hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripkan hasil belajar matematika siswa berupa skor rata-rata, skor maximum, skor minimum, dan standar deviasi, sedangkan statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis melalui uji normalitas,  uji homogenitas dan pengujian hipotesisis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa “ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Katolik Makale”. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel dimana thitung = 4.445 dan ttabel = 1.68107.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-16

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa VIII SMP Katolik Makale”, Jurnal KIP, vol. 5, no. 2, pp. 111–114, Jun. 2020, doi: 10.47178/jkip.v5i2.983.

Similar Articles

91-100 of 153

You may also start an advanced similarity search for this article.