Keahlian Komunikasi Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 2 Saluputti Dalam Proses Belajar Mengajar

Authors

  • Aris Kaban Sendana Universitas Kristen Indonesia Toraja Author
  • Nehru P. Pongsapan Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v7i3.485

Keywords:

keahlian komunikasi, proses belajar mengajar

Abstract

Dalam proses belajar dan mengajar di tingkat SMP, beberapa guru sering kali mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi dan dalam berinteraksi dengan siswa. Hal ini dapat terjadi karena guru tersebut kurang memahami dan mendalami keahlian komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana keahlian komunikasi guru dan apa unsur–unsur yang terdapat dalam keahlian komunikasi guru bahasa Inggris di SMPN 2 Saluputti dalam proses belajar mengajar. Data penelitiian ini dieproleh dengan melakukan pengamatan langsung dalam kelas dan melakukan wawancara terhadap guru bahasa Inggris. Hasil pengamatan dan wawancara terhadap kedua guru bahasa inggris di SMP Negeri 2 Saluputti di atas, ditemukan beberapa unsur keahlian komunikasi guru dalam proses belajar mengajar yang mereka lakukan, namun, keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan dari keahlian komunikasi yang dimiliki masing-masing. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam keahlian komunikasi guru yang ditemukan adalah keahlian mendengar, mengatasi hambatan komunikasi verbal, memahami komunikasi nonverbal dari murid, memecahkan konflik secara konstruktif, asertif dan meningkat keahlian komunikasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Keahlian Komunikasi Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 2 Saluputti Dalam Proses Belajar Mengajar”, Jurnal KIP, vol. 7, no. 3, pp. 25–30, Jan. 2019, doi: 10.47178/jkip.v7i3.485.

Similar Articles

41-50 of 116

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)