Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Penjumlahan Pecahan Bentuk Soal Cerita di Kelas V SDN 8 Rindingallo Kabupaten Toraja Utara
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v3i1.187Keywords:
pendekatan pemecahan masalah, hasil belajarAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pendekatan pemecahan masalah tentang penjumlahan pecahan bentuk soal cerita di Kelas V SDN 8 Rindingallo dan apakah melalui penerapan pendekatan pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang penjumlahan pecahan bentuk soal cerita di Kelas V SDN 8 Rindingallo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan pemecahan masalah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berdaur ulang / siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sasaran dan sekaligus subjek penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 25 orang siswa, 15 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Instrumen yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri atas 3 siklus. Siklus 1, II, dan III dilaksanakan satu kali pertemuan. Hasil belajar siswa siklus I dikategorikan cukup karena 11 orang siswa belum mencapai nilai ketuntasan, siklus II dikategorikan baik namun belum mencapai tolak ukur keberhasilan karena 6 orang siswa belum mencapai nilai ketuntasan, dan pada siklus III dikategorikan baik dan penelitian dinyatakan berhasil karena 24 orang siswa mencapai nilai ketuntasan yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan pemecahan masalah di Kelas V SDN 8 Rindingallo.