“UPMYENGLISH” Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa SD Berbasis Android Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC)

Authors

  • Suryaningsih Patandung
  • Srivan Palelleng
  • Sherly Dwi Putri

DOI:

https://doi.org/10.47178/eqpqzg26

Keywords:

Bahasa Inggris, Sekolah Dasar, Media Pembelajaran, Android

Abstract

Pada tahun ajaran 2023/2024, jumlah murid di Indonesia mencapai 53,14 juta dengan sekitar 50% di antaranya adalah siswa sekolah dasar (SD).SD merupakan jenjang pendidikan pertama dalam membentuk keterampilan dasar, seperti membaca, menulis dan kemampuan dalam berkomunikasi. Kurikulum merdeka belajar di SD memiliki berbagai mata pelajaran, termasuk Bahasa Inggris. Namun, siswa sering mengalami kesulitan dalam materi pronunciation (pelafalan), vocabulary (kosakata), dan grammar (tata bahasa). Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik 2020, 35,97% SD di Indonesia yang sudah menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengusulkan pembuatan aplikasi “UPMYENGLISH” sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris bagi siswa SD berbasis Android. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini membantu siswa SD belajar Bahasa Inggris secara efektif, dengan hasil pengujian fungsional mencapai 100% dan user acceptance test (UAT) sebesar 88,8%. Aplikasi ini diharapkan dapat memfasilitasi pembelajaran Bahasa Inggris secara lebih efektif, membantu siswa mengatasi kesulitan dan meningkatkan keterampilan mereka dalam berbahasa Inggris.

Downloads

Published

2024-05-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

“UPMYENGLISH” Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa SD Berbasis Android Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). (2024). INFINITY : UKI Toraja Journal of Information Technology, 4(1). https://doi.org/10.47178/eqpqzg26

Most read articles by the same author(s)