Market Basket Analysis Menggunakan Algoritma Eclat (Studi Kasus: Transaksi Penjualan Di Minimarket)
DOI:
https://doi.org/10.47178/infinity.v3i1.2190Keywords:
Data Mining, ECLAT, AsosiasiAbstract
Minimarket Trabas merupakan toko yang bergerak dibidang penjualan barang-barang pokok dan tidak terlepas dari kebutuhan kalangan konsumen. Minimarket Trabas melakukan banyak transaksi penjualan namun salah satu masalah yang sering dihadapi adalah stok barang yang sering dibeli oleh pelanggan cepat habis terjual sehingga menyebabkan konsumen beralih ke toko lain. Masalah lain yang ada di Minimarket Trabas yaitu ada beberapa barang yang kurang laku sehingga barang tersebut bisa membusuk dan menyebabkan kerugian. Penggunaan algoritma Eclat, dalam menganalisa dan berhasil diterapkan dalam Market Basket Analysis dan mendapatkan hasil sehingga menjadi sangat efisien dan mempercepat dalam proses perhitungan. Hasil penggunaan algoritma ini dapat diterapkan sebagai salah satu teknik peletakan barang pada Minimarket Trabas agar strategis sehingga menyebabkan berkurangnya barang yang ada di Minimarket Trabas yang kurang laku dan kadaluwarsa sehingga tidak menyebabkan kerugian. Pada penelitian ini, Market Basket Analysis yang menghasilkan air mineral merupakan produk yang memiliki nilai keterhubungan tertinggi dengan nilai support 0,0049 dan confidence 0,451. Lift ratio pada penelitian ini menunjukkan nilai diatas 1, yang artinya aturan asosiasi data mining yang dibuat pada penelitian ini memiliki aturan asosiasi yang kuat.