Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Batutumonga Berbasis Web
DOI:
https://doi.org/10.47178/infinity.v1i2.1516Keywords:
Tiket Bus, Sistem Informasi, PemesananAbstract
Persaingan dalam meraih pelanggan khususnya dalam perusahan penyedia layanan transportasi semakin ketat, beberapa perusahan penyedia layanan transportasi telah memanfaatkan internet sebagai media untuk memperkenalkan dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Sebelum menggunnakan internet, pelanggan harus datang ke agen untuk memesan tiket, dan banyak pelanggan yang kecewa karena tiket yang dipesan telah habis. Hal tersebut dapat mengurangi jumlah pelanggan dan akhirnya kalah bersaing dengan perusahan lain. PT. Batutumonga Toraja Utara merupakan salah satu perusahan penyedia layanan transportasi yang sedang berkembang dan belum memanfaatkan teknologi internet sebagai sarana pengembangan pelayanan kepada pelanggan, kegiatan transaksi yang dilakukan masih manual, sehingga pelanggan harus datang langsung ke tempat agen Bus Batutumonga agar dapat memesan tiket. Hal inilah yang membuat pelanggan lebih memilih untuk melakukan pesanan tiket bus secara online ke perusahan tiket bus lain. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitin ini bertujuan untuk merancang aplikasi pemesanan tiket bus berbasis web, membuat aplikasi pemesanan tiket bus untuk menampilkan informasi pemesanan tiket secara dinamis melalui web, untuk mempermudah manajemen dan para pengguna jasa dalam memperoleh informasi, dan membuat sistem informasi pemesanan tiket bus yang sesuai dengan yang diharapkan.
Metode pengembangan yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode waterfall, yang menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak yang berurutan yaitu Analisis Sistem, Desain Sistem, Coding, Pengujian Program, Implementasi Sistem dan Pemeliharaan. Adapun yang digunakan untuk membuat sistem adalah menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL, dan framework CodeIgniter. Hasil penelitian terhadap rancang bangun sistem informasi pemesanan tiket bus pada PT. Batutumonga Toraja Utara telah berhasil dibangun sesuai dengan yang diharapkan, dan berfungsi dengan baik sesuai pengujian black box dan pengujian User Acceptance Test (UAT) yang dilakukan ke admin sehingga mendaptkan nilai persentase 95,6% manager mendapatkan nilai persentase 94,5% dan pelanggan mendapatkan nilai persentase 90,5%, dengan demikian sistem ini dapat diterima dan diimplementasikan oleh pengguna karena range penilaian persetujuan termasuk kategori Sangat Setuju karena berada pada range 90% - 100%.