Evaluasi User Experience Aplikasi M-Commerce Shopee Dengan Metode User Experience Questionnaire
DOI:
https://doi.org/10.47178/infinity.v3i1.2191Keywords:
user experience, user interface, m-commerceAbstract
Perkembangan teknologi saat ini mempengaruhi kehidupan sehari-hari, terutama dalam m-commerce pada platform mobile. Platform seluler adalah perkembangan terbaru dalam infrastruktur internet dari beberapa perangkat seluler seperti ponsel cerdas dan tablet melalui jaringan nirkabel atau layanan seluler. Marketplace saat ini sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di era digital. Salah satu yang memenuhi kebutuhan masyarakat adalah berbelanja menggunakan aplikasi, user experience berdampak pada kenyamanan pengguna saat menggunakan aplikasi. Metode user experiences questionnaire digunakan untuk mengukur nilai daya tarik, efisien, kejelasan, ketepatan ,stimulasi dan kebaruan, dengan menggunakan tools UEQ. Kesimpulan menunjukkan hasil evaluasi positif pada skala daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan dan stimulasi sedangkan pada skala kebaruan mendapat nilai evaluasi normal. Dengan hasil evaluasi tersebut aplikasi m-commerce shopee dinilai positif dan baik digunakan oleh pengguna sedangkan pada skala kebaruan mendapat hasil evaluasi normal dimana pada skala ini menunjukkan pendapat pengguna terkait inovasi dan kreativitas yang dimiliki oleh aplikasi.