PENGARUH VARIASI KECEPATAN SPINDEL DAN KEDALAMAN POTONG PADA PEMBUBUTAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BAJA KARBON ST 42 MENGGUNAKAN PAHAT HSS
DOI:
https://doi.org/10.47178/8wzqf806Keywords:
Baja Karbon ST 42, Pahat HSS, Kecepatan Spindel, Kedalaman Potong, Kekasaran Permukaan.Abstract
Pengaruh kecepatan spindel dan kedalaman potong pada mesin bubut konvensional terhadap kekasaran material ST 42 Baja adalah logam paduan besi sebagai unsur dasar dan karbon sebagai unsur paduan utamanya.Kandungan karbon dalam baja berkisar antara 0.2% hingga 2.1% berat sesuai grade-nya.Fungsi karbon dalam baja adalah sebagai unsur pengeras.Unsur paduan lain yang biasa ditambahkan selain karbon adalah mangan (manganese), krom (chromium), vanadium, dan nikel.Dengan memvariasikan kandungan karbon dan unsur paduan lainnya. Penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui nilai kekasaran pada material ST 42 pada proses pembubutandengan variasi kecepatan spindel dan gerak makan dengan menggunakan pahat HSS. Variasi kecepatan spindel pada permukaan baja ST 42 yakni semakin tinggi kecepatan spindel maka nilai kekasaran akan semakin menurun, untuk kekasaran permukaan baja karbon ST42 yang paling tinggi adalah 180 rpm dengan nilai kekasaran permukaan 0,035 µm, dan kecepatan spindel dengan kekasaran permukaan yang paling rendah adalah 0,023 µm. Variasi kedalaman potong pada permukaan baja ST 42 yakni semakin tinggi nilai kedalaman potong pada benda kerja maka nilai kekasaran akan naik. Untuk kekasaran permukaan baja karbon ST 42 paling tinggi adalah 1,0 mm dengan nilai kekasasaran permukaan 0,050 µm, dan kedalaman potong dengan kekasaran permukaan yang paling rendah adalah 0,033 µm.
References
A. Zubaidi, dkk, (2012). “Analisis Pengaruh Kecepatan Putar Dan Kecepatan Pemakanan Terhadap Kekasaran Permukaan Material FCD 40 Pada Mesin Bubut”.
Candra Budi Cahyono, dkk, (2021). “Analisa Pengaruh Kecepatan Potong Dan Material Benda Kerja Terhadap Kekasaran Permukaan Pada Mesin Bubut”
Fawwaz Ibrahim. (2021)“Baja Karbon Dan Ranah Penggunaannya”.
Hadimi, (2008).Pengaruh Perubahan Kecepatan Pemakanan Terhadap Kekasaran Permukaan Pada Proses Pembubutan
Joko Nugroho, (2019). “Analisa Pengaruh Kedalaman Potong Dan Waktu Proses Pembubutan Konvensional Terhadap Temperatur Pahat, Kondisi Pahat Dan Kekasaran Permukaan Pada Baja ST 41”.
Mohama4d Miftakhul Rozaq, dkk , (2017). Analisa Pengaruh Gerak Makan Dan Putaran Spindel Terhadap Keausan Pahat Pada Proses Bubut Konvensional
Melati Nurul Insani, (2019). Analisis Struktur Mikro Material Baja Karbon Rendah (ST 37) SNI Akibat Proses Bending.
Paridawati, (2015).Pengaruh Kecepatan Dan Sudut Potong Terhadap Kekasaran Baenda Kerja Pada Mesin Bubut.
I. Gultom dkk, (2020). “Pengaruh Kecepatan Potong, Kecepatan Pemakanan Dan Sudut Potaong Terhadap Kekasaran Permukaan Pada Proses Bubut Medium Carbon Stee”l.
wirawan Sumbodo Dkk, (2008). “Teknik Produksi Mesin Jilid I, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan . Direktirat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional”.