Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together, Think Pair Share Dan Student Team Achievement Division Pada Kelas VIII SMP Kristen Kandora
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v7i3.583Kata Kunci:
model pembelajaran kooperatif, Numbered Heads Together, Think Pair Share, Student Team Achievement DivisionAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe number head together, thing pair share dan student team achievement division pada kelas VIII SMP Kristen Kandora . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment). Desain penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pretest-postest control group design. pengolahan data hasil penelitian menggunakan satstistik deskriptif. populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kristen Kandora tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 kelas. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas VIIIA, VIIIB, VIIIC, selanjutnya ketiga kelas ini diajar dengan menerapkan model pembelajaran number head together, thing pair share dan student team achievement division. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together yaitu 85,3.(2) Hasil belajar siswa setelah diajar model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yaitu 80.(3) hasil belajar siswa setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division yaitu 67.1 (4) Perbedaan peningkatan hasil belajar siswa setelah diajar model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together berdasarkan nilai gain masuk dalam kategori tinggi sedangkan Think Pair Share masuk dalam kategori sedang (5) Perbedaan Peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together berdasarkan nilai gain masuk dalam kategori tinggi sedangkan Student Team Achievement Division dalam kategori sedang (6) Perbedaan Peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Student Team Achievement Division berdasarkan nilai gain sama-sama dalam kategori sedang.