Penerapan Model Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas IV SDN 213 Inpres Lemo Kabupaten Tana Toraja
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v4i3.53Kata Kunci:
model pembelajaran mind mappingAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model Mind Mapping dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan, kelas IV SDN 213 Inpres Lemo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model Mind Mapping kelas IV SDN 213 Inpres Lemo Kabupaten Tana Toraja. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan dilakukan dengan dua siklus setiap siklus dua kali pertemuan. Fokus penelitian ini adalah aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 213 Inpres Lemo Kabupaten Tana Toraja dengan jumlah siswa 35 orang yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun nilai rata-rata awal siswa dari guru IPA kelas IV adalah 59,7 dengan ketutasan belajar 37,14% dan ketidaktuntasan 62,86%. Hasil belajar siswa untuk tindakan siklus I mencapai nilai rata-rata 52,85 dengan ketuntusan belajar 22,86% dan ketidaktuntasan 77,14%. Dan hasil belajar siswa pada tindakan siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 87,43% dengan ketidak tuntasan 5,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan kelas IV SDN 213 Inpres Lemo Kabupaten Tana Toraja.