Analisis Kebutuhan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Prose Semester V Program Studi Bahasa Inggris, FKIP, UKI Toraja
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v6i3.224Kata Kunci:
Analisis kebutuhan, prose, mahasiswa semester V, bahasa Inggris, FKIP, UKI TorajaAbstrak
Analisis kebutuhan adalah langkah pertama dalam desain program dan menyediakan validitas dan relevansi untuk semua aktivitas desain program berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kebutuhan Mahasiswa pada Mata kuliah Prose Semester V Program Studi Bahasa Inggris, FKIP, UKI Toraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (Research and development/R&D). Borg dan Gall (1979:772) menyatakan bahwa “R&D is a process used to develop and validate educational products.” Berdasarkan definisi tersebut, penelitian ini bertumpu pada upaya memproduksi dan memvalidasi suatu produk pendidikan. Dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrument penelitian yakni angket. Setelah melakukan analisis data, peneliti menarik kesimpulan bahwa Kebutuhan Mahasiswa pada Mata kuliah Prose Semester V Program Studi Bahasa Inggris, FKIP, UKI Toraja yakni: Pengajaran materi Prose diintegrasikan dengan keterampilan berbahasa inggris: Listening, Speaking Reading dan Writing, Metode pengajaran yang responden butuhkan ketika belajar Prose adalah secara berkelompok, workshop/unjuk kerja, belajar secara berpasangan, belajar sendiri. Topik pelajaran yang disukai oleh responden dalam belajar Prose yakni; materi yang sesuai dengan disiplin ilmu, materi yang kontekstual, materi tentang IPTEKS, dan materi tentang kegiatan sehari-hari.