Penerapan Jarimatika Untuk Meningkatkan Kecepatan Berhitung Perkalian Bilangan Asli Siswa Kelas IV SDN 184 Inpres Ulusalu
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v3i1.191Kata Kunci:
jarimatika, kecepatan berhitung, perkalian bilangan asliAbstrak
Matematika sangat penting untuk diajarkan karena matematika adalah penunjang bagi ilmu-ilmu lain. Mengingat pentingnya matematika maka kecepatan berhitung matematika di sekolah perlu mendapat perhatian yang sungguh-sungguh. Berbicara mengenai matematika itu sulit tentunya tidak lepas dari ketidaksenangan dari siswa tentang mata pelajaran matematika it u sendiri.Pembelajaran matematika materi perkalian adalah operasi dasar dalam pelajaran matematika (selain penjumlahan, pengurangan, dan pembagian), yang lazim diajarkan pada siswa sekolah dasar. Hasil ulangan harian tentang operasi hitung perkalian menunjukkan bahwa dari 33 siswa kelas IV Inpres Ulusalu yang mendapatkan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 60 hanya 10 siswa dari 33 siswa. Hal ini dikarenakan dalam menyampaikan konsep perkalian, para guru banyak yang menggunakan cara konvensional yaitu dengan memaksa anak untuk menghafal secara mencongak. Dimana para siswa dituntut untuk segera menghafal perkalian. Olehnya itu salah satu metode yang telah berkembang dalam berhitung adalah metode jarimatika.Jarimatika adalah teknik berhitung mudah dan menyenangkan dengan menggunakan jari-jari tangan. (Septi Peni Wulandari, 2008: 17). Manfaat dari jarimatika ini siswa tidak perlu membawa alat dan siswa tidak akan menjadi anak yang ketergantungan dengan alat.