Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen di Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v3i1.190Kata Kunci:
SIM, sistem informasi, pemanfaatan, pembelajaranAbstrak
Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi pembelajaran; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif rancangan studi kasus dengan instrumen utama adalah peneliti sendiri. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pemanfaatan sistem informasi manajemen dalam perencanaan pembelajaran, meliputi: SMS Gateway, Webside sekolah dan e-learning. Ketiga sistem informasi ini secara terintegrasi mengelola data dan menghasilkan informasi demi kepuasan pengguna (guru). 2) Pemanfaatan sistem informasi manajemen dalam pelaksanaan pembelajaran, yaitu e-learning pada level guru dan level siswa. Tidak semua guru yang ada di SMKN 5 Malang memanfaatkan sistem informasi ini karena tergantung dari kesiapan guru, kesesuaian materi, dan kondisi. 3) Pemanfaatan sistem informasi manajemen pada pengawasan pembelajaran, yaitu e-learning. 4) Pemanfaatan sistem informasi manajemen dalam evaluasi pembelajaran, yaitu SMS Gateway, webside sekolah, e-learning dan ujian online. Ada tiga instruksi kerja dalam ujian online, yaitu instruksi kerja ujian online (panitia ujian), instruksi kerja upload soal ujian (guru), instruksi kerja pelaksanaan ujian online (siswa). Ketiga instruksi ini memiliki alur yang berbeda.