Penerapan Jarimatika Untuk Meningkatkan Kecepatan Berhitung Perkalian Bilangan Asli Siswa Kelas IV SDN 184 Inpres Ulusalu”
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v3i2.176Kata Kunci:
jarimatika, kecepatan berhitung, perkalian bilangan asliAbstrak
Metode jarimatika adalah suatu cara berhitung (operasi kali-bagi-tambah-kurang) dengan menggunakan alat bantu jari-jari tangan. Metode ini dikembangkan oleh Septi Peni Wulandani sekitar tahun 2004. Jarimatika ini juga melatih siswa mempergunakan otak kiri dan kanannya dengan optimal dikarenakan siswa menggerakkan jari sambil berfikir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah penerapan jarimatika dapat meningkatkan kecepatan berhitung perkalian bilangan asli siswa kelas IV SDN 184 Inpres Ulusalu”. Penelitian dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan berhitung dengan metode jarimatika terhadap siswa kelas IV SDN 184 Inpres Ulusalu”. Hipotesis penelitian ini yaitu “Jika guru menerapkan metode Jarimatika dalam meteri perkalian maka dapat meningkatkan kecepataan berhitung siswa di kelas IV SDN 184 Inpres Ulusalu”. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Tes awal kecepatan berhitung siswa 33,3%, siklus pertama kecepatan berhitung siswa yakni 48,8%, dan pada siklus kedua kecepatan berhitung siswa 93,9%. Hasil dari siklus kedua ini sudah mencapai standar nilai yang telah ditetapkan yakni, apabilah pemahaman siswa terhadap konsep mencapai 60% yang mendapat nilai 60, maka pembelajaran dikatakan berhasil. (2) Kemampuan guru menerapkan metode jarimatika pada siklus II sudah sesuai dengan langkah-langkah yang direncanakan dalam RPP dan aktifitas guru sudah mencapai target yang direncanakan, dan (3) Aktifitas siswa sudah aktif pada siklus II dimana siswa sudah terampil menggunakan jari-jari selama menghitung perkalian bilangan asli dan siswa sudah berlombah untuk menemukan jawaban dari setiap soal yang diberikan.