Analisa Pembelajaran IPS Bermuatan Nilai-Nilai Kewirausahaan di Sekolah Dasar

Studi Kasus Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDPN Pajagalan 58 Bandung

Penulis

  • Lutma Ranta Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v2i3.159

Kata Kunci:

Pembelajaran IPS, Pendidikan Kewirausahaan, sekolah dasar

Abstrak

Program pendidikan kewirausahaan adalah program pemerintah yang dilaksanakan disetiap jenjang pendidikan. Implementasi nilai-nilai kewirausahaan pada pembelajaran di sekolah dasar
merupakan bagian dari upaya memasyarakatkan kewirausahaan, sehingga masyarakat kita nantinya dapat mengembangkan diri menjadi pribadi yang handal dalam mengisi kemerdekaan
dan menjadi generasi yang diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana pembelajaran IPS dapat memberikan ruang dalam
menumbuhkan nilai kewirausahaan pada siswa sekolah dasar melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SDPN Pajagalan 58 Bandung selaku sekolah piloting pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan tingkat sekolah dasar. Fokus penelitian ini ditujukan kepada penanggungjawab program, guru dan siswa di kelas IV sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini yaitu satu orang penanggungjawab program pendidikan kewirausahaan, satu orang guru mata pelajaran IPS dan tujuh belas siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa program pendidikan kewirausahaan di SDPN Pajagalan 58 Bandung telah dirancang sebaik mungkin menjadi program sekolah yang dilaksanakan secara berkelanjutan. Nilai-nilai kewirausahaan telah dimuat di dalam kegiatankegiatan sekolah berupa kegiatan ektrakurikuler, kegiatan terprogram dan kegiatan pembiasaan. Untuk perencanaan pembelajaran IPS yang bermuatan nilai-nilai kewirausahaan di mulai dari pembuatan silabus dan RPP yang memuat nilai kewirausahaan. Pelaksanaan pembelajaran di kelas dilakukan sesuai rencana pembelajaran dengan lebih banyak memberi ruang bagi siswa untuk mengembangkan kepribadiannya. Penilaian yang dilakukan dalam pembelajaran yang bermuatan nilai kewirausahaan ini dilakukan melalui pengamatan dan selanjutnya dilakukan cek terhadap absensi siswa. Hasil pengamatan peneliti selama dilapangan menemukan bahwa pada saat pembelajaran berlangsung, siswa telah memperlihatkan sikap/karakter wirausaha yaitu sikap jujur, disiplin, percaya diri, kepemimpinan, kreatif, mandiri, kerja keras, tanggung jawab, rasa ingin tahu, komunikatif ,dan kerja sama. Permasalahan utama yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran ini adalah perencanaan yang di buat oleh guru belum maksimal dan belum sepenuhnya dapat diterapkan di dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian ini di harapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan program pendidikan kewirausahaan di tingkat sekolah dasar secara khusus didalam pengembangan pembelajaran IPS di SDPN Pajagalan 58 Bandung, juga menjadi bahan evaluasi bagi Dinas Pendidikan Kota Bandung

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2017-12-20

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Analisa Pembelajaran IPS Bermuatan Nilai-Nilai Kewirausahaan di Sekolah Dasar: Studi Kasus Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDPN Pajagalan 58 Bandung”, Jurnal KIP, vol. 2, no. 3, pp. 293–308, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v2i3.159.

Artikel Serupa

1-10 dari 111

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama