Pengaruh Strategi Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN I Rantepao Kabupaten Toraja Utara

Penulis

  • Benyamin Salu Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v2i1.156

Kata Kunci:

strategi penemuan terbimbing, hasil belajar

Abstrak

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh strategi pembelajaran penemuan terbimbing pada mata pelajaran IPA  terhadap hasil belajar siswa. Rancangan penelitian adalah desain eksperimen semu. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Rantepao I Kabupaten Toraja Utara yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA 38 siswa dan IVB 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan teknik Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih tinggi pada strategi penemuan terbimbing dibanding strategi konvensional.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2017-12-19

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Pengaruh Strategi Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN I Rantepao Kabupaten Toraja Utara”, Jurnal KIP, vol. 2, no. 1, pp. 98–104, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v2i1.156.

Artikel Serupa

151-157 dari 157

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.