Penanda Kohesi Pada Iklan Cetak Obat-Obatan Dan Kosmetik

Penulis

  • Anastasia Baan Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v2i1.154

Kata Kunci:

penanda kohesi, iklan obat-obatan, kosmetik

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penanda kohesi iklan cetak obat-obatan dan kosmetik. Manfaat penelitian ini adalah (1) memberikan informasi lebih luas tentang kohesi kepada pembaca khususnya peneliti bahasa tentang wacana pada iklan cetak obat-obatan dan kosmetik, (2) memberikan sumbangan pikiran terhadap pengembangan ilmu kebahasaan, (3) menambah wawasan mengenai penggunaan penanda kohesi iklan cetak obat-obatan dan kosmetik. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data penelitian ini bersumber dari Koran Kompas, edisi  Januari –Juli 2012. Data penelitian ini hanya mengambil data utama (primer) yaitu semua penanda kohesi dalam iklan cetak obat-obatan dan kosmetik. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penanda kohesi yang digunakan pada iklan cetak obat-obatan dan kosmetik adalah (1)Pronomina atau kata ganti, meliputi: (a) kata ganti diri; (b) kata ganti penanya; (c) kata ganti penghubung; (d) kata ganti penunjuk; (e) kata ganti empunya, (2) Substitusi, (3) Konjungsi, meliputi: (a) konjungsi koordinatif; (b) konjungsi temporal; (c) konjungsi kausal; (d) konjungsi adversatif, (4) Kohesi leksikal, meliputi: (a) kohesi leksikal dengan menggunakan pengulangan; (b) kohesi leksikal dengan menggunakan hiponim.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2017-12-19

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Penanda Kohesi Pada Iklan Cetak Obat-Obatan Dan Kosmetik”, Jurnal KIP, vol. 2, no. 1, pp. 63–81, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v2i1.154.