Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Kerjasama Siswa pada Mata Pelajaran PPKN di SD Negeri 2 Teteaji

Penulis

  • Erwin Nurjiono STKIP Veteran Sidrap ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v10i2.1372

Kata Kunci:

Pembelajaran Tipe Jigsaw, kemampuan kerjasama siswa

Abstrak

Jenis penelitian menggunakan pendekatan Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperiman yakni rancangan Quasy eksperimen. Penelitian ini adalah nonequivalent control grup design yakni terdapat dua kelompok yang tidak dipilih secara random. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah kelas V dengan jumlah 39 siswa, terdiri dari laki-laki sebanyak 20 siswa dan perempuan  sebanyak 19 siswa, dengan pertimbangan bahwa kelas V merupakan kelas dengan tingkat kemampuan kerjasama siswa yang kurang baik dibandingkan dengan kelas lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pelaksanaan pembelajaran  tipe Jigsaw dilakukan dengan tahapan pembentukan membaca, diskusi kelompok ahli, laporan tim,tes, dan rekognisi tim yang pada umumnya terlaksana dengan baik; (2) setelah pelaksanaan pembelajaran tipe Jigsawkemampuan kerjasama siswa pada mata pelajaran PPKN di kelas eksperimen berada pada kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol tetap berada pada kategori rendah; dan (3) Ada perbedaan kemampuan kerjasama siswa pada mata pelajaran PPKN di SD Negeri 2 Teteaji setelah di beri pelaksanaan pembelajaran tipe Jigsaw.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2021-11-15

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Kerjasama Siswa pada Mata Pelajaran PPKN di SD Negeri 2 Teteaji”, Jurnal KIP, vol. 10, no. 2, pp. 23–31, Nov. 2021, doi: 10.47178/jkip.v10i2.1372.

Artikel Serupa

51-60 dari 141

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.