Penggunaan Media Audio untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas IV SD Kristen Makale I Kabupaten Tana Toraja
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v2i2.118Kata Kunci:
media audio, keterampilan menyimakAbstrak
Salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa adalah keterampilan menyimak. Oleh karena itu keterampilan menyimak perlu di tingkatkan dengan penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran. Penelitian ini mengangkat permasalahan bagaimana aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menyimak cerita dengan menggunakan media audio dan apakah dengan menggunakan media audio dapat meningkatkan hasil menyimak pada siswa kelas IV SD Kristen Makale I Kabupaten Tana Toraja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menyimak cerita dengan menggunakan media audio dan untuk mengetahui hasil belajar menyimak cerita melalui media audio pada siswa kelas IV SD Kristen Makale I Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas IV SD Kristen Makale I Kabupaten Tana Toraja. Setiap siklus terdapat instrument yang berwujud tes dan nontes. Instrument tes berupa hasil keterampilan menyimak cerita, sedangkan instrument nontes berupa hasil observasi, jurnal, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan menyimak cerita anak pada pratindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas. Pada pratindakan nilai rata-rata kelas 53,7. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 63,07 dan siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 75,72 serta siklus III mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas 88,37. Hasil observasi, jurnal, dan wawancara menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa ke arah positif pada tiap siklus.