Analisis Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Mutu Pendidikan Di SDN 6 Kesu’
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v10i1.1168Kata Kunci:
Kepala Sekolah, mutu pendidikanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peran kepala sekolah dalam menerapkan manajemen mutu pendidikan di SD Negeri 6 Kesu’, (2) faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan mutu manajemen sekolah di SD Negeri 6 Kesu’. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah kepala sekolah dan guru SDN 6 Kesu’. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah sudah menjalankan perannya dengan baik meskipun belum maksimal, namun kepala sekolah selalu berusaha untuk memaksimalkan mutu pendidikan di SDN 6 Kesu’. Sebagai kepala sekolah di SDN 6 Kesu’ ada beberapa peran yang dilaksanakan seperti: (1) peran kepala sekolah sebagai manajer (2) kepala sekolah sebagai edukator (3) kepala sekolah sebagai leader (4) kepala sekolah sebagai pencipta iklim kerja. Adapun mutu SDN 6 Kesu’ antara lain : prestasi akademik dan non akademik mulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten. Selain itu, mutu pendidikan di SDN 6 Kesu’ didukung oleh kurikulum, sarana dan prasarana, hubungan kepala sekolah dengan masyarakat dan manajamen kesiswaan.Dapat disimpulkan bahwa faktor pendukung peningkatan mutu pendidikan dipengaruhi oleh beberapa hal selain kepala sekolah menjalankan perannya dengan baik faktor seperti manajemen kurikulum, manajemen sarana dan prasarana, manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat, serta manajemen kesiswaan sangat mempengaruhi meningkatnya mutu pendidikan.