Gambaran Gaya Belajar Siswa Yang Tinggal Di Daerah Lingkungan Pasar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Sesean Kelurahan Palawa’ Kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara

Authors

  • Semuel Mawa' Ratu Universitas Kristen Indonesia Toraja Author
  • Topanus Tulak Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v6i3.301

Keywords:

Gaya Belajar, Lingkungan Pasar

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa yang tinggal di daerah lingkungan pasar pada siswa kelas V SD Negeri 4 Sesean Kelurahan Palawa’ Kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 9 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama dan instrumen pendukung berupa tes gaya belajar dan pedoman wawancara. Analisis data mengacu pada tahapan analisis menurut Miles dan Huberman yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penerikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh 2 siswa dengan gaya belajar divergen, 4 siswa dengan gaya belajar asimilatif, 2 siswa bergaya belajar konvergen, dan 1 siswa dengan gaya belajar akomodatif. Hal ini menggambarkan bahwa cenderung anak yang tinggal di daerah lingkungan pasar lebih banyak menggunakan gaya belajar asimilatif dibanding gaya belajar yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Gambaran Gaya Belajar Siswa Yang Tinggal Di Daerah Lingkungan Pasar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Sesean Kelurahan Palawa’ Kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara”, Jurnal KIP, vol. 6, no. 3, pp. 233–237, Sep. 2018, doi: 10.47178/jkip.v6i3.301.

Similar Articles

91-100 of 104

You may also start an advanced similarity search for this article.