Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 167 Tina’ Kecamatan Rantetayo Kabupaten Tana Toraja

Authors

  • Adolvina Melin Tulak Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v5i1.1178

Keywords:

Model Number Head Together, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh kenyataan di lapangan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas
IV SDN 167 Tina’ Kecamatan Rantetayo Kabupaten Tana Toraja masih rendah. Hal
ini terjadi karena kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan model ataupun metode
pembelajaran, dimana guru lebih sering menggunakan metode konvensional. Dalam hal
ini, kegiatan pembelajaran lebih berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa dalam
pembelajaran. Hal inilah yang kemudian berdampak pada hasil belajar siswa menjadi
rendah. Tujuan penelitian ini dilaksanakan yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA
siswa kelas IV SDN 167 Tina’ Kecamatan Rantetayo Kabupaten Tana Toraja melalui
penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT). Manfaat dari penelitian
ini adalah dapat dijadikan landasan teoritik dalam pengembangan ilmu pembelajaran
sains/IPA, sehingga dapat menjadi masukan dalam upaya perbaikan dan peningkatan
mutu pembelajaran IPA serta mengkaji lebih luas tentang penggunaan model pembelajaran
Number Head Together khususnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian
yang digunakan adalah PTK, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas
IV SDN 167 Tina’ Kecamatan Rantetayo Kabupaten Tana Toraja melalui penerapan
model pembelajaran Number Head Together (NHT). Adapun hasil belajar pada siklus I
yaitu 44,44% siswa yang mencapai KKM yakni 75, dengan nilai rata-rata hasil belajar
siswa 66,39 dan meningkat pada siklus II yaitu 88,89% siswa yang mencapai KKM dengan
nilai rata-rata hasil belajar siswa 81,94. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran
Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 167
Tina’ Kecamatan Rantetayo Kabupaten Tana Toraja.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-04

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 167 Tina’ Kecamatan Rantetayo Kabupaten Tana Toraja”, Jurnal KIP, vol. 5, no. 1, pp. 91–98, Apr. 2021, doi: 10.47178/jkip.v5i1.1178.

Similar Articles

81-90 of 169

You may also start an advanced similarity search for this article.