Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Penalaran Moral Generasi Z

Authors

  • Harmelia Tulak Universitas Kristen Indonesia Toraja Author
  • Hersiyati Palayukan Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v9i3.1145

Keywords:

Analisis kebutuhan, penalaran moral, generasi Z

Abstract

Paper ini merupakan penelitian awal dalam mengembangkan bahan ajar berbasis penalaran moral bagi generasi Z. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, dibutuhkan bahan ajar sebagai salah satu komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan studi dokumetasi dan wawancara sebagai instrumen penelitian.Teknik wawancara ditujukan kepada 2 orang guru PKn SMA N 11 Luwu dan 3 siswa SMA kelas 11. Hasil analisis kebutuhan menyatakan pentingnya penanaman nilai moral dalam bahan ajar PKn khususnya materi Sistem Hukum dan Peradilan di Indonesia.Oleh karena itu, perlu adanya bahan ajar PKn berbasis penalaran moral dalam mendukung pendidikan moral di sekolah, khususnya bagi remaja generasi Z. Bahan ajar tersebut berupa buku panduan guru dan buku ajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Penalaran Moral Generasi Z”, Jurnal KIP, vol. 9, no. 3, pp. 45–49, Mar. 2021, doi: 10.47178/jkip.v9i3.1145.

Similar Articles

1-10 of 64

You may also start an advanced similarity search for this article.