Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Spasial Siswa Pada Topik Dimensi Tiga Kelas X

Penulis

  • Syaiful Hamzah Nasution Universitas Negeri Malang ##default.groups.name.author##
  • Lathiful Anwar Universitas Negeri Malang ##default.groups.name.author##
  • Sudirman Sudirman Universitas Negeri Malang ##default.groups.name.author##
  • Susiswo Susiswo Universitas Negeri Malang ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v4i2.66

Kata Kunci:

pengembangan media, kemampuan spatial, dimensi tiga

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan fokus penelitian pada topik dimensi tiga kelas X. Secara keseluruhan fase pengembangan meliputi empat fase yakni: (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi, dan (4) fase tes, evaluasi, dan revisi. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli matematika, ahli pendidikan matematika, ahli media, dua praktisi (Guru SMA) dan siswa kelas X. Berdasarkan hasil validasi yang meliputi aspek konten media pembelajaran, aspek presentasi dan organisasi konten media, dan aspek pembelajaran disimpulkan bahwa media yang dikembangkan adalah valid dengan skor kevalidan 3,53. Berdasarkan hasil validasi uji kepraktisan didapatkan skor kepraktisan sebesar 3,42. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa media yang dikembangkan praktis untuk diterapkan dan digunakan dalam pembelajaran. Hasil evaluasi subjek uji coba memenuhi standar ketuntasan minimum yakni 88,3%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media efektif membantu siswa dalam belajar materi jarak titik ke titik, titik ke garis, dan titik ke bidang. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan untuk mendukung kemampuan spasial siswa telah valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika pada materi jarak titik ke titik, titik ke garis, dan titik ke bidang.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2017-12-05

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Spasial Siswa Pada Topik Dimensi Tiga Kelas X”, Jurnal KIP, vol. 4, no. 2, pp. 903–913, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v4i2.66.

Artikel Serupa

41-50 dari 52

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.