Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Budaya Sekolah di SD Kristen Makale 2
DOI:
https://doi.org/10.47178/jkip.v11i3.1864Kata Kunci:
Nilai Pendidikan Karakter, Budaya SekolahAbstrak
Latar belakang dari permasalah ini adalah Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Budaya Sekolah di SD Kristen Makale 2 ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai pendidikan karakter pada budaya sekolah di SD Kristen Makale 2. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi dari kelas I-VI SD Kristen Makale 2. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter pada budaya sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan nilai pendidikan karakter pada budaya sekolah terlaksana dengan baik yang dapat dilihat dari ke 7 penerapan nilai pendidikan karakter diantaranya adalah jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kerja sama, peduli dan santun.