Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Yang Diajar Pendekatan Problem Solving Dengan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VII SMPN 2 Makale

Penulis

  • Yusem Ba'ru Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v3i2.174

Kata Kunci:

pendekatan problem solving, pendekatan kontekstual

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan problem solving, dan untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan kontekstual serta untuk  mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar  matematika antara siswa yang diajar dengan pendekatan problem solving dengan pendekatan  kontekstual  khususnya pada siswa kelas VII SMPN 2 Makale. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Pengumpulan data hasil penelitian menggunakan instrumen tes berupa essay. Data hasil yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif untuk mendeskripsikan masing-masing variabel dan statistik inferensial yaitu t-tes untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) prestasi belajar matematika siswa kelas VIIC yang diajar menggunakan pendekatan kontekstual tergolong sedang dengan nilai rata-rata 56,72 (2) prestasi belajar matematika siswa kelas VIID yang diajar menggunakan pendekatan problem solving tergolong rendah dengan nilai rata-rata 44,16 (3) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar pendekatan problem solving dengan pendekatan kontekstual siswa kelas VII SMPN 2 Makale, yang diperkuat dengan t hitung sebesar 4,56.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2017-12-26

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Yang Diajar Pendekatan Problem Solving Dengan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VII SMPN 2 Makale”, Jurnal KIP, vol. 3, no. 2, pp. 545–550, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v3i2.174.