Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Penalaran Moral Generasi Z

Penulis

  • Harmelia Tulak Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##
  • Hersiyati Palayukan Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v9i3.1145

Kata Kunci:

Analisis kebutuhan, penalaran moral, generasi Z

Abstrak

Paper ini merupakan penelitian awal dalam mengembangkan bahan ajar berbasis penalaran moral bagi generasi Z. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, dibutuhkan bahan ajar sebagai salah satu komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan studi dokumetasi dan wawancara sebagai instrumen penelitian.Teknik wawancara ditujukan kepada 2 orang guru PKn SMA N 11 Luwu dan 3 siswa SMA kelas 11. Hasil analisis kebutuhan menyatakan pentingnya penanaman nilai moral dalam bahan ajar PKn khususnya materi Sistem Hukum dan Peradilan di Indonesia.Oleh karena itu, perlu adanya bahan ajar PKn berbasis penalaran moral dalam mendukung pendidikan moral di sekolah, khususnya bagi remaja generasi Z. Bahan ajar tersebut berupa buku panduan guru dan buku ajar siswa.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2021-03-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Penalaran Moral Generasi Z”, Jurnal KIP, vol. 9, no. 3, pp. 45–49, Mar. 2021, doi: 10.47178/jkip.v9i3.1145.

Artikel Serupa

1-10 dari 64

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.