Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Penulis

  • Sefrin Siang Tangkearung Universitas Kristen Indonesia Toraja ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v8i3.1006

Kata Kunci:

Problem Absed Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian  eksperimen semu, dengan desain post test control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas Va dan Vb yang dipilih secara acak dengan teknik random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan melalui model problem based learning dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tallunglipu.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2020-08-11

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

[1]
“Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar”, Jurnal KIP, vol. 8, no. 3, pp. 63–67, Aug. 2020, doi: 10.47178/jkip.v8i3.1006.

Artikel Serupa

41-50 dari 70

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.