Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Sefrin Siang Tangkearung Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v8i3.1006

Keywords:

Problem Absed Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian  eksperimen semu, dengan desain post test control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas Va dan Vb yang dipilih secara acak dengan teknik random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan melalui model problem based learning dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tallunglipu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-11

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar”, Jurnal KIP, vol. 8, no. 3, pp. 63–67, Aug. 2020, doi: 10.47178/jkip.v8i3.1006.

Similar Articles

51-60 of 70

You may also start an advanced similarity search for this article.