Analisis Kesulitan Siswa Kelas VII SMP Katolik Makale Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Operasi Hitung Pecahan

Authors

  • suri Toding UKI Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v8i3.995

Keywords:

Kesulitan menyelesaikan soal cerita, Soal Operasi Hitung Pecahan

Abstract

Peneltian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang berbentuk cerita terutama materi operasi hitung pecahan. Masalah ini didapati peneliti pada siswa kelas VII SMP Katolik Makale pada saat mengerjakan soal cerita pada materi perbandingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan- kesulitan yang siswa kelas VII SMP Katolik  hadapi saat menyelesaikan soal cerita pada operasi hitung pecahan beserta faktor- faktor penyebabnya.Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan metode Tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B dan VII D yang menjawab semua jawaban dengan salah dengan menggunakan langkah- langka penyelesaian soal dan mampu berkomunikasi dengan baik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Tes yang tes diagnostik terkait materi operasi hitung pecahan serta menggunakan  wawancara tidak terstuktur. Hasil peneltian yang diperoleh yaitu kesulitan siswa kelas VII SMP Katolik makale dalam menyelesaikan soal cerita pada operasi hitung  pecahan  antara lain: Kesulitan siswa kelas VII SMP Katolik makale dalam menyelesaikan soal cerita pada operasi hitung  pecahan  antara lain:1) Kesulitan Verbal; 2) Kesulitan Konsep ; 3) Kesulitan Prinsip . Oleh karena itu, diharapkan agar guru lebih sering memberikan latihan- latihan soal berbentuk cerita terkait operasi hitung pecahan terhadap siswa agar meminimalisir kesulitan- kesulitan siswa tersebut. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Analisis Kesulitan Siswa Kelas VII SMP Katolik Makale Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Operasi Hitung Pecahan”, Jurnal KIP, vol. 8, no. 3, pp. 21–29, Jun. 2020, doi: 10.47178/jkip.v8i3.995.