Analisis Kebutuhan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Prose Semester V Program Studi Bahasa Inggris, FKIP, UKI Toraja

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v6i3.224

Keywords:

Analisis kebutuhan, prose, mahasiswa semester V, bahasa Inggris, FKIP, UKI Toraja

Abstract

Analisis kebutuhan adalah langkah pertama dalam desain program dan menyediakan validitas dan relevansi untuk semua aktivitas desain program berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kebutuhan Mahasiswa pada Mata kuliah Prose Semester V Program Studi Bahasa Inggris, FKIP, UKI Toraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (Research and development/R&D). Borg dan Gall (1979:772) menyatakan bahwa “R&D is a process used to develop and validate educational products.” Berdasarkan definisi tersebut, penelitian ini bertumpu pada upaya memproduksi dan memvalidasi suatu produk pendidikan. Dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrument penelitian yakni angket. Setelah melakukan analisis data, peneliti menarik kesimpulan bahwa Kebutuhan Mahasiswa pada Mata kuliah Prose Semester V Program Studi Bahasa Inggris, FKIP, UKI Toraja yakni: Pengajaran materi Prose diintegrasikan dengan keterampilan berbahasa inggris: Listening, Speaking Reading dan Writing, Metode pengajaran yang responden butuhkan ketika belajar Prose adalah secara berkelompok, workshop/unjuk kerja, belajar secara berpasangan, belajar sendiri. Topik pelajaran yang disukai oleh responden dalam belajar Prose yakni; materi yang sesuai dengan disiplin ilmu, materi yang kontekstual, materi tentang IPTEKS, dan materi tentang kegiatan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Markus Deli Girik Allo, Universitas Kristen Indonesia Toraja

    English Study Program of Teacher Training and Education Faculty OF Christian University of Indonesia Toraja

Downloads

Published

2018-09-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Analisis Kebutuhan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Prose Semester V Program Studi Bahasa Inggris, FKIP, UKI Toraja”, Jurnal KIP, vol. 6, no. 3, pp. 197–203, Sep. 2018, doi: 10.47178/jkip.v6i3.224.

Similar Articles

191-200 of 217

You may also start an advanced similarity search for this article.