Implementasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Perilaku Pembelajar

Authors

  • Milka, M.Pd. Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v2i3.168

Keywords:

Perencanaan, monitoring, evaluasi, perilaku pembelajar, SIM

Abstract

Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan proses manajemen perilaku pembelajar dalam mengelola informasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan tiga alur, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Penelitian ini menemukan strategi kognisi (belajar) yang direncanakan oleh peserta didik sesuai dengan materi, selanjutnya Monitoring  terhadap penggunaan waktu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen dirancang dengan mendahulukan tugas yang agak rumit lalu yang paling mudah. Monitoring terhadap relevansi materi pengetahuan awal dengan pengetahuan baru dilakukan berdasarkan refleksi terhadap materi yang telah diterima sebelumnya. monitoring terhadap strategi kognisi (belajar) yang digunakan selama pembelajaran berlangsung dilakukan dengan memeriksa kembali catatan perkuliahan yang telah dibuat. Evaluasi terhadap indikator ketercapaian  tujuan belajar, waktu yang digunakan untuk menyelesaikan tugas belajar, relevansi pengetahuan awal dengan materi selanjutnya, dan strategi kognisi (belajar) yang digunakan lebih tergantung pada cara dosen menyampaikan materi. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Implementasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Perilaku Pembelajar”, Jurnal KIP, vol. 2, no. 3, pp. 358–367, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v2i3.168.

Similar Articles

11-20 of 75

You may also start an advanced similarity search for this article.