Sistem Pakar Deteksi Gaya Belajar Siswa Menggunakan Metode Case-Based Reasoning (CBR) Berbasis Web

Authors

  • Yohanis Yohanis universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Aryo Michael Universitas kristen Indonesia Toraja
  • Eunike Open University Indonesia
  • Melky G Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/gkzmt931

Keywords:

Case-Based Reasoning, Gaya Belajar

Abstract

Setiap siswa mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam menyerap informasi. Mengetahui gaya belajar siswa akan mempermudah guru untuk menyediakan lingkungan yang mendukung dan mempermudah siswa dalam menyerap informasi secara lebih maksimal, sedangkan jika tidak mengetahui gaya belajar siswa, maka akan kurang maksimal penyerapan informasi dalam proses pembelajaran. Tugas guru adalah memaksimalkan gaya belajar siswa yang paling menonjol dan memperkenalkan gaya belajar lainnya agar siswa belajar secara lebih maksimal. Dengan demikian efektif tidaknya suatu proses pembelajaran akan sangat terkait antara metode dan media pembelajaran yang digunakan guru dengan kecenderungan gaya belajar siswanya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dibangun sebuah sistem yang akan digunakan untuk mendeteksi gaya belajar siswa menggunakan metode Case-Based Reasoning (CBR) yang akan di terapkan pada website, dimana Gaya Belajar yang akan di teliti yaitu Gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik, yang nantinya dapat menghasilkan  gaya belajar dan tips belajar berdasarkan ciri-ciri gaya belajar siswa. Metode pengembangan yang digunakan dalam pembuatan website ini yaitu menggunakan metode Waterfall (model air terjun) yang terdiri dari lima tahap yaitu: analisis (Requirements Analysis), desain (Sistem and Software Design), pengkodean (Implementations and Unit Testing), pengujian (Operation and maintenance) dan tahap dukungan (support). Untuk perancangan website deteksi gaya belajar menggunakan UML (Unified Modeling Language) yang terdiri dari Use case diagram dan activity diagram sedangkan untuk perancangan database menggunakan ERD (Entity Relationship Diagram). Metode yang digunakan untuk mendeteksi gaya belajar yaitu metode Case-Based Reasoning (CBR) dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP. Pengujian yang dilakukan menggunakan metode Blackbox Testing dan Usability Testing dengan hasil pengujian mendapatkan skor 85. Sehingga website ini dapat digunakan untuk mendeteksi gaya belajar siswa.

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

Sistem Pakar Deteksi Gaya Belajar Siswa Menggunakan Metode Case-Based Reasoning (CBR) Berbasis Web. (2023). INFINITY : UKI Toraja Journal of Information Technology, 3(2), 92-101. https://doi.org/10.47178/gkzmt931

Most read articles by the same author(s)