Penerapan Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Jasa Pada Hotel Sahid Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja

Authors

  • Dina Ramba' Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Bauran pemasaran, Pendapatan jasa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran pada Hotel Sahid di Kabupaten Tana Toraja. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan data-data yang ada berdasarkan penerapan bauran pemasaran untuk meningkatkan pendapatan jasa pada Hotel Sahid Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada produk utama Hotel Sahid adalah kamar dengan berbagai tipe dan fasilitas. Untuk penetapan harga Hotel Sahid mengacu pada fasilitas, standar bintang, serta melihat pesaing. Untuk promosi terdapat dua strategi diterapkan dalam Hotel Sahid yaitu strategi saling menarik dan mendorong. Untuk place, letak Hotel Sahid strategis. Untuk people (orang) karyawan melakukan pelayanan yang baik , cepat, ramah, teliti, dan akurat. Pada proses, dalam proses jasa Hotel Sahid diawali dengan peran marketing dan sales dan segala proses hasil pemasaran dilaporkan oleh manajer pemasaran. Terakhir yaitu pendukung fisik, Hotel Sahid memiliki bangunan yang kokoh dan klasik dengan model tradisional khas Toraja.

Downloads

Published

2015-08-06

Issue

Section

Articles